
Silabus
Mata Kuliah Semester I
1) Metode Kuantitatif
Deskripsi :
Mata kuliah ini membahas tentang model-model kuantitatif untuk pendekatan pengambilan keputusan manajerial. Bagaimana menggunakan model-model deterministic dan prababilistik untuk analisis pengambilan keputusan
- Buku ajar:
Berry Render & Ralph M. Stair, Jr: Quantitative Analysis for Manajemen. 6thed., Prentice Hall. Inc., New Jersey, 1997
2) Ekonomi Manajerial
Deskripsi:
Mata kuliah ini MEMBAHAS TENTANG PENERAPAN TEORI Mikro di dalam dunia bisnis dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya mencapai tujuan secara efektif dan efisiensi.Bagaimana penerapan teori Ekonomi Mikro dalam bisnis untuk selanjutnya sebagai alat pengambilan keputusan.
Buku Ajar :
- Evan J. Douglas, 1995, Managerial Economics, Analisysis and Strategy) 4thedition, Prentice-Hal International Edition, Singapore.
- James L. Pappas, 1990, Managerial Economics, Dryden Press, Hoult Saunders, Japan.
3) Akuntansi Manajemen
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini membicarakan mengenai pengertian akuntansi manajemen dan perbedaannya dengan akuntansi keuangan, perilaku biaya, harga pokok variable, analisis hubungan biaya-volume-laba, anggaran induk, harga pokok standar, desentralisasi, issue-issue internasional, biaya relevan dalam pengambilan keputusan, activity based costing, activity based manajemen, biaya kualitas dan produktivitas, manajemen biaya stratejik, target coting, theory of constraints, life-cycle costing, pengendalian manajemen dan pengukuran kinerja stratejik.
Buku Ajar:
- Hasen, Don R. and Mowen Maryanne M., 1997 Managemen Accounting, 4th, Cincinnati, ohio: Souuth-Westem College Publishing., (HM)
- Blocer, Edwar J., Chen Kung H., and Lin, Thomas W., 1999. Cost Managemend: Astrategic Emphasis, Internasional, Internasional Editioan, Boston: The McGraw-Hill Companies, Inc (BLC).
4) Sistem Informasi Manajemen
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep, peranan dan ruang lingkup sistim informasi manajemen. Diawali dengan konsep tentang analisis dan disain system, system manajemen basis data, kemudian lebih menekankan pada perpaduan antara komputer based information system (CBIS) dan fungsional information system dan diakhiri dengan manajemen sumber daya informasi. Pada bagian CBIS dan fungsional information system diberi penekanan yang lebih khusus dengan mengetengahkan kasus-kasus SIM yang berkaitan dengan fungsi perusahaan.
Buku Ajar :
- Mcleod, Jr. Raymon, Manajemen Information System: The Computer Based Information System, New Jersey: Prentice : Prentice Hall, 1996
Mata Kuliah Semester II
1) Manajemen Pemasaran Lanjutan
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang manajemen pemasaran termasuk didalamnya filosofi dan pererencanaan strategi pemasaran dalam menghadapi perubahan lingkungan dan tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan pemasaran di abad 21. Pemahaman tentang :
- konsep dan teknik pemasaran
- cara menganalisis lingkungan pemasaran
- cara penyusunan strategi pemasaran
- cara menyusun program pemasaran
Buku Ajar:
- Kotler, Philip. 2000 Marketing Manajemen: The milienium (10 Th Edition) Prentice. Hall Internasional, Inc. New Jersey.
- Berkowitz, et al. 2000. Marketing the 6 th, Edition, Irwin Mc. Graw-Hill, BostomCapon, Noel & W. R. Vanhonacker 1999. Asian Marketing : Case Book. Prentice. Hall, Singapore
2) Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai konsep teknik, dalam proses mendesain dan mengelola sejumlah orang bekerja dalam kelompok suatu wadah (organisasi) yang meliputi perencanaan, perekrutan, seleksi, pelatihan dan pengembangan penilaiaan, kompensasi dan insentif secara efektif untuk menunjang rencana strategik masa depan dalam lingkungan yang selalu berubah.
Buku Ajar:
- Mondy, R. Wayne & Robert M. Noe, Human Resource Manajemen, Fith Edit Simon & Schuster, Inc., 1993.
- Werther Jr, William B, & Keith Davis. Human Resources and Personnel Manajemen Fith Edition McGraw-Hill. Inc 1995
- Michael Amstroong, Human Resource Management, Strategy & Action, First Published, Kogan Page Limited, 1992.
- Kumpulan Kasus Perusahaan Human Resource Manajemen
3) Manajemen Operasional Lanjutan
Deskripsi Singkat :
Total Quality Manajemen, strategy capacity planning, just in time production system, facility location, facility layout, job design and measurement, supply chain manajemen, agregat planning, inventory system, operating scheduling, Bisnis process reengineering, synchronous manufacturing and operations consulting.
Buku Ajar :
- Richard B, Chase, Nicholas J, Aquilano, F. Robert Jacobs. Production and Operation Manajemen, 8THEdition, Richard D. Irwin, Inc. 1998.
4) Manajemen Keuangan Lanjutan
Deskripsi Singkat :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengelola keuangan secara baik dalam suatu organisasi atau perusahaan dan mampu pula memanfaatkan sumber dana secara efisien dan efektif.
Buku Ajar :
- Aswaqth Damodaran, 1997, Coorporate Finance ; Theory and Practice, John Woley dan Sons, Inc., USA.
- Richard A Brealey & Stewart C. Myers, Principle of Corporate Finance, Ninth McGraw-Hill, Inc. 2008.
Mata Kuliah Semester III
1) Analisis Kebijakan Ekonomi Pemerintah
Deskripsi Singkat :
Analisis kebijakan pemerintah (AKP) mengaplikasikan teori ekonomi modern terhadap kebijakan pemerintah baik kebijakan fiscal, moneter maupun perdagangan serta implemnetasi dalam kegiatan ekonomi. Model ekonomi serta issu kebijakna dikaji dengan menggunakan pengetahuan sistematis dengan dasar teori ekonomi makro ekonomi maupun mikro ekonomi
Penggunaan garfish yang menarik dan mudah dicerna digunakan untuk membantu mahasiswa menganalisis data dan informasi untuk melihat dampak kebijakan terhadap perekonomian secara keseluruhan.Perbandingan internasional dalam aplikasi kebijakan digunakan sebagai pengembangan wawasan keilmuan dan aplikasi.
Bahan Ajar:
- Aronson Richard. J., Public Finance., International Student Edition, McGraw-Hill Book Company, New York, 1985
- Balassa Bella and Herbert Giesch, Economic Incentives, St Martin Press, New York, 1986
- Blanchard Oliver, Macroeconomics, Second edition, Prentice-Hall, USA, 2000
- Cullis John and Philip Jones, Public Finance and Public Choice, Analytical Perspectives., McGrow-Hill International Edition, Singapore, 1992
- Diamond Peter and Rothschild Michael.,Uncertainty in Economics, Reading and Exercises., Academic Press Ins, UK,
2) Analisis Lingkungan Bisnis
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini membahas pemikiran-pemikiran ulang para “guru” Manajemen tingkat dunia tentang enam unsur masa depan lingkungan bisnis dunia, yaitu (1) Prinsip, (2) Persaingan, (3) Kontrol dan Kompleksitas, (4) Kepemimpinan, (5) Pasar dan (6) Dunia.
Bahan Ajar :
- Bruce D. Fisher dan Michael J. Phililipws, 1998 The Legal Environment of Bisnis/BM
- Sudharto P. Hadi, 1997, Aspek Sosial Amdal
- Marbun, B.N. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Kaitannya dengan Pasal 33 UUD’45
- Kuin, P. 1987, Perusahaan Transnasional
- Hendra Esmana, Globalisasi Ekonomi dan Pembangunan Daerah
3) Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Tesis
Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini menjelaskan tentang metode penelitian dan penulisan laporan hasil penelitian.Metode penelitian yang diajarkan lebih bertitik berat pada metode dan teknik penelitian pada case dalam bidang bisnis dan non bisnis. Bagaimana desain penelitian, perumusan masalah, metode pengumpulan data, analisi, interprestasi hasil dan pengujian hasil merupakan penekanan pada metode penelitian.
Bahan Ajar :
- Sekaran Uma, Research Methods for Bisnis: a Skill-Building Approach, Second Edition, New York: John Willey and Sons, Inc., 2000
- Pedoman Penulisan KTU, MM UNCEN
4) Kepemimpinan
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas bagaimana kepemimpinan, dan bagaimana seorang pemimpin mampu mempengaruhi lingkungannya dan kelompoknya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.Pembahasan disertai dengan kasus-kasus nyata baik dalam organiisasi bisnis maupun public.
Bahan Ajar:
- Hughes, Ginnett, Curphy, 1996.Leadershisp Enchanging the Lesson of Experience 2nd.,Irwan Book Team, London (HGC)
- Warren Bennis, On Becoming a Leader.
Mata Kuliah Semester IV
1. Konsentrasi Sumber Daya Manusia (MSDM)
a) Budaya dan Etika Bisnis
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas tentang teori dan praktek budaya dan etika bisnis yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang, mampu membedakan hubungan etis dan tidak etis dalam mengambil keputusan etis dan untuk mengatasi tantangan yang ada di pasar global.
Bahan Ajar:
- Fifth edition. Edited by Tom L. Beuchamp & Norman E. Bowie, Ethical Theory and Bisnis
b) Perencanaan Sumber Daya Manusia
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini merupakan penjabaran lanjut dari manajemen sumberdaya manusia.Pembahasan menitikberatkan pada keterkaitan strategi, visi dan misi organisasi dan strategi management sumber daya manusia.Tercakup didalamnya perencanaan recruitment, resourcing, development, reward system dan performance.
Bahan Ajar:
- Harrison, R; Human resource Manajemen, Issues and Strategies, add-Wesley; 1993
- Harvey, Don and RB. Bowin; Human Resourt Manajemen: An experiential Approach; Prentice Hall, 1996
- Mabey, et. al; Strategic Human Resourt Manajemen: A reader; OU Bisnis School, 1998
- Walker, JW: Human Resourt Planning; McGraw-Hill, 1980
- Walker, JW: Human Resourt Strategy; McGraw-Hill, 1992
- Bappenas; Model Terpadu Perencanaan SDM Nasional; PPPP-UI, 1991/1992
2. Konsentrasi Pemasaran
a) Pemasaran Strategik
Deskripsi Singkat:
Konsep-konsep dan proses untuk mendapatkan sustainable competitive advantage dengan mengantarkan superior customer value kepada komsumen menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam lingkungan yang sangat dinamis. Pembahasan pada :
- Pemahaman konsumen dan bertindak berdasarkan market-orientation
- Analisa faktor-faktor lingkungan, pasar dan persaingan guna mengenal peluang-peluang pasar, kondisi persaingan dan pesaing yang dihadapi
- Pemahaman proses pemasaran, strategi pemasaran sebagai penjabaran atau tindak lanjut dari strategi bisnis
- Penyusun strategi pemasaran.
- Pengembangan strategi pada elemen-elemen bauran pemasaran dengan memperhatikan daur hidupproduk, produk portofolio.
Bahan Ajar:
- Boyd Jr. Harper W and Walker Jr. Orville C. 1992. Marketing Manajemen: Approach Richard D Irwin, Inc Homewood, Illinois (Ch 3,4,5,8,10)
- Craven David W, 1997. Strategic Manajemen, Fifth Ed., Richard D. Irwin, Inc Homewood, Illinois (Ch 1,2,3,4,15,12)
- Day, George S. 1986; Anaysis for Strategic Market Decision, West Publishing Company, New York (Ch 2,7)
- Paul Peter, J and Fourth Ed; Richard D. Irwin, Chicago (Ch 1)
- Urban, Glen L and Star, Steven H. 1991: Advanced Marketing Strategy: Phenomena and decision, Prentice-Hall International, inc (Ch 6,8)
- ………, Marketing Strategic(Ch 3,10,14)
b) Pemasaran Internasional
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teori dan teknik manajemen pemasaran yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan yang ada di pasar global yang meliputi: lingkungan pemasaran global, membangun kesiapan untuk memasuki pasar global, strategi pemasaran global dan operasi pemasaran global
Bahan Ajar:
- Johansson, Johny K., Global Marketing(2 thedition), USA; Mc Graw-Hill Companies Inc., 2000
3. Konsentrasi Keuangan
a) Manajemen Keuangan Internasional
Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan pemanfaatan informasi untuk keputusan keuangan.Informasi keuangan yang bersumber dari suatu perusahaan dan pasar keuangan dengan berbagai aspek pelaporan dan model keputusan keuangan merupakan focus dalam pembahasan mata kuliah ini.
Bahan Ajar:
- Foster, George, Financial Statement Analysis, Second Edition. International McGraw Hill, 1986
- Rees Oswald, S. et. alFinancial Analysis International; MacGraw Hill
- Boulin, Oswald D. et. al. Financial Analysis International, MacGraw Hill, 1998
b) Manajemen Investasi dan Analisa Sekuritas
Deskripsi Singkat:
Mempelajari dan menganalisa penilaian sekuritas pada pasar modal dalam hubungan teori keseimbangan antara tingkat pemulihan yang diharapkan investasi pada sekuritas dengan resiko yang timbul serta cara memperkecil resiko investasi melalui fortofolio efek
Bahan Ajar:
- William Sharpe, et al., (1995), Investmnet, Fifh edition, New Jersey; Prentice Hall International (WS)
- Jack Clark Francis, 1991, Investment, Analysis and Managemen, Fift edition, McGraw-Hill International, New York (JF)
c). What we do and do not know about finance.
Refleksi umum tentang apa yang diketahui : The Most Important Ideas in Finance. Selain itu Refleksi tentang : Apa yang tidak kita ketahui , Unsolved Problem in Finance.
Bahan Ajar:
- Richard A Brealey & Stewart C. Myers, Principle of Corporate Financial , Ninth McGraw-Hill, Inc. 2008.