Silabus

Mata Kuliah Semester I

1) Ekonomi Manajerial

Deskripsi :
Mata kuliah ini Membahas tentang Penerapan Teori Mikro di dalam dunia bisnis dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya mencapai tujuan secara efektif dan efisiensi.Bagaimana  penerapan teori Ekonomi Mikro dalam bisnis untuk selanjutnya sebagai alat pengambilan keputusan.

Buku Ajar :

  1. Evan J. Douglas, 1995, Managerial Economics, Analisysis and Strategy) 4thedition, Prentice-Hal International Edition, Singapore.
  2. James L. Pappas, 1990, Managerial Economics, Dryden Press, Hoult Saunders, Japan.

2) Sistem Informasi Manajemen

Deskripsi:
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep, peranan dan ruang lingkup sistim informasi manajemen. Diawali dengan konsep tentang analisis dan disain system, system manajemen basis data, kemudian lebih menekankan pada perpaduan antara komputer based information system (CBIS) dan fungsional information system dan diakhiri dengan manajemen sumber daya informasi. Pada bagian CBIS dan fungsional information system diberi penekanan yang lebih khusus dengan mengetengahkan kasus-kasus SIM yang berkaitan dengan fungsi perusahaan.

Buku Ajar :

  1. Mcleod, Jr. Raymon, Manajemen Information System: The Computer Based Information System, New Jersey: Prentice : Prentice Hall, 1996

3) Manajemen Operasional dan Analisa Kuantitatif

Deskripsi:

Total Quality Manajemen, strategy capacity planning, just in time production system, facility location, facility layout, job design and measurement, supply chain manajemen, agregat planning, inventory system, operating scheduling, Bisnis process reengineering, synchronous manufacturing and operations consulting.

Buku Ajar:

  1. Richard B, Chase, Nicholas J, Aquilano, F. Robert Jacobs. Production and Operation Manajemen, 8THEdition, Richard D. Irwin, Inc. 1998.

4) Manajemen Strategik

Deskripsi:
Mata kuliah manajemen strategik difokuskan kepada konsep strategi dan proses formulasi, formasi, implementasi dan evaluasi strategi. Cakupan pembahasan mata kuliah ini meliputi; penetapan arah atau visi strategik (misi, visi, nilai-nilai dan tujuan), analisis lingkungan eksternal, identifikasi sumberdaya dan kapabilitas internal, pengembangan dan pemilihan strategik baik tingkat korporat, bisnis maupun fungsional, implementasi dan eksekusi strategi; serta evaluasi dan pengendalian strategik. Mahasiswa dikembangkan untuk mempunyai kemampuan berpikir strategik, membuat keputusan strategik dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan secara menyeluruh.

Buku Ajar         :

5) Analisis Lingkungan Bisnis

Deskripsi:

Mata kuliah ini membahas pemikiran-pemikiran ulang para “guru” Manajemen tingkat dunia tentang enam unsur masa depan lingkungan bisnis dunia, yaitu (1) Prinsip, (2) Persaingan, (3) Kontrol dan Kompleksitas, (4) Kepemimpinan, (5) Pasar dan (6) Dunia.

Buku Ajar         :

  1. Bruce D. Fisher dan Michael J. Phililipws, 1998 The Legal Environment of Bisnis/BM
  2. Sudharto P. Hadi, 1997, Aspek Sosial Amdal
  3. Marbun, B.N. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan aitannya dengan Pasal 33 UUD’45
  4. Kuin, P. 1987, Perusahaan Transnasional
  5. Hendra Esmana, Globalisasi Ekonomi dan Pembangunan Daerah

Mata Kuliah Semester II

1) Manajemen Pemasaran Lanjutan

Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang manajemen pemasaran termasuk didalamnya filosofi dan pererencanaan strategi pemasaran dalam menghadapi perubahan lingkungan dan tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan pemasaran di abad 21. Pemahaman tentang  :

  • konsep dan teknik pemasaran
  • cara menganalisis lingkungan pemasaran
  • cara penyusunan strategi pemasaran
  • cara menyusun program pemasaran

Buku Ajar:

  1. Kotler, Philip. 2000 Marketing Manajemen: The milienium (10 Th Edition) Prentice. Hall Internasional, Inc. New Jersey.
  2. Berkowitz, et al. 2000. Marketing the 6 th, Edition, Irwin Mc. Graw-Hill, BostomCapon, Noel & W. R. Vanhonacker 1999. Asian Marketing : Case Book. Prentice. Hall, Singapore

2) Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan

Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai konsep teknik, dalam proses mendesain dan mengelola sejumlah orang bekerja dalam kelompok  suatu wadah (organisasi) yang meliputi perencanaan, perekrutan, seleksi, pelatihan dan pengembangan penilaiaan, kompensasi dan insentif secara efektif untuk menunjang rencana strategik  masa depan dalam lingkungan yang selalu berubah.

Buku Ajar:

  1. Mondy, R. Wayne & Robert M. Noe, Human Resource Manajemen, Fith Edit Simon & Schuster, Inc., 1993.
  2. Werther Jr, William B, & Keith Davis. Human Resources and Personnel Manajemen Fith Edition McGraw-Hill. Inc 1995
  3. Michael Amstroong, Human Resource Management, Strategy & Action, First Published, Kogan Page Limited, 1992.
  4. Kumpulan Kasus Perusahaan Human Resource Manajemen

3) Manajemen Keuangan Lanjutan

Deskripsi Singkat :
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengelola keuangan secara baik dalam suatu organisasi atau perusahaan dan mampu pula memanfaatkan sumber dana secara efisien dan efektif.

Buku Ajar :

  1. Aswaqth Damodaran, 1997, Coorporate Finance ; Theory and Practice, John Woley dan Sons, Inc., USA.
  2. Richard A Brealey & Stewart C. Myers, Principle of Corporate Finance, Ninth    McGraw-Hill, Inc. 2008.

4) Metode Penelitian

Deskripsi Singkat :
Mata kuliah ini menjelaskan tentang metode penelitian dan penulisan laporan hasil penelitian.Metode penelitian yang diajarkan lebih bertitik berat pada metode dan teknik penelitian pada case dalam bidang bisnis dan non bisnis. Bagaimana desain penelitian, perumusan masalah, metode pengumpulan data, analisi,  interprestasi hasil dan pengujian hasil merupakan penekanan pada metode penelitian.

Bahan Ajar :

  1. Sekaran Uma, Research Methods for Bisnis: a Skill-Building Approach, Second Edition, New York: John Willey and Sons, Inc., 2000
  2. Pedoman Penulisan KTU, MM UNCEN

5) Kepemimpinan

Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas bagaimana kepemimpinan, dan bagaimana seorang pemimpin mampu mempengaruhi lingkungannya dan kelompoknya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.Pembahasan disertai dengan kasus-kasus nyata baik dalam organiisasi bisnis maupun public.

Bahan Ajar:

  1. Hughes, Ginnett, Curphy, 1996.Leadershisp Enchanging the Lesson of Experience 2nd.,Irwan Book Team, London (HGC)
  2. Warren Bennis, On Becoming a Leader.

Mata Kuliah Semester III

1. Konsentrasi Sumber Daya Manusia (MSDM)
a) Budaya dan Etika Bisnis

Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas tentang teori dan praktek budaya dan etika bisnis yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang, mampu membedakan  hubungan etis dan tidak etis dalam mengambil keputusan etis dan untuk mengatasi tantangan yang ada di pasar global.

Bahan Ajar:

  1. Fifth edition. Edited by Tom L. Beuchamp & Norman E. Bowie, Ethical Theory and Bisnis

b) Perilaku Organisasi

Deskripsi Singkat:
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang secara umum menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, dan sejarah perkembangan ilmu perilaku organisasi. Di samping itu, mata kuliah ini akan menjelaskan mengenai perilaku individu dan kelompok, persepsi, sikap kerja, dan kepuasan kerja para pekerja dalam organisasi.

2. Konsentrasi Pemasaran

a) Pemasaran Strategik

Deskripsi Singkat:
Konsep-konsep dan proses untuk  mendapatkan sustainable competitive advantage dengan mengantarkan superior customer value kepada komsumen menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam lingkungan yang sangat dinamis. Pembahasan pada :

  1. Pemahaman konsumen dan bertindak berdasarkan market-orientation
  2. Analisa faktor-faktor lingkungan, pasar dan persaingan guna mengenal peluang-peluang pasar, kondisi persaingan dan pesaing yang dihadapi
  3. Pemahaman proses pemasaran, strategi pemasaran sebagai penjabaran atau tindak lanjut dari strategi bisnis
  4. Penyusun strategi pemasaran.
  5. Pengembangan strategi pada elemen-elemen bauran pemasaran dengan memperhatikan daur hidupproduk, produk portofolio.

Bahan Ajar:

  1. Boyd Jr. Harper W and Walker Jr. Orville C. 1992. Marketing Manajemen: Approach Richard D Irwin, Inc Homewood, Illinois (Ch 3,4,5,8,10)
  2. Craven David W, 1997. Strategic Manajemen, Fifth Ed., Richard D. Irwin, Inc Homewood, Illinois (Ch 1,2,3,4,15,12)
  3. Day, George S. 1986; Anaysis for Strategic Market Decision, West Publishing Company, New York (Ch 2,7)
  4. Paul Peter, J and Fourth Ed; Richard D. Irwin, Chicago (Ch 1)
  5. Urban, Glen L and Star, Steven H. 1991: Advanced Marketing Strategy: Phenomena and decision, Prentice-Hall International, inc (Ch 6,8)
  6. ………, Marketing Strategic(Ch 3,10,14)

 

b) Pemasaran Internasional

Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teori dan teknik manajemen pemasaran yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan yang ada di pasar global yang meliputi: lingkungan pemasaran global, membangun kesiapan untuk memasuki pasar global, strategi pemasaran global dan operasi pemasaran global

Bahan Ajar:

  1. Johansson, Johny K., Global Marketing(2 thedition), USA; Mc Graw-Hill Companies Inc., 2000

 

3. Konsentrasi Keuangan

a) Manajemen Keuangan Internasional

Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan pemanfaatan informasi untuk keputusan keuangan.Informasi keuangan yang bersumber dari suatu perusahaan dan pasar keuangan dengan berbagai aspek pelaporan dan model keputusan keuangan merupakan focus dalam pembahasan mata kuliah ini.

Bahan Ajar:

  1. Foster, George, Financial Statement Analysis, Second Edition. International McGraw Hill, 1986
  2. Rees Oswald, S. et. alFinancial Analysis International; MacGraw Hill
  3. Boulin, Oswald D. et. al. Financial Analysis International, MacGraw Hill, 1998


b) Manajemen Investasi dan Analisa Sekuritas

Deskripsi Singkat:
Mempelajari dan menganalisa penilaian sekuritas pada pasar modal dalam hubungan teori keseimbangan antara tingkat pemulihan yang diharapkan  investasi pada sekuritas dengan resiko yang timbul serta cara memperkecil resiko investasi melalui fortofolio efek

Bahan Ajar:

  1. William Sharpe, et al., (1995), Investmnet, Fifh edition, New Jersey; Prentice Hall International (WS)
  2. Jack Clark Francis, 1991, Investment, Analysis and Managemen, Fift edition, McGraw-Hill International, New York (JF)